Jumat, 18 Februari 2011

Awalnya tidak sengaja

Kesalahan Seorang Koki




Suatu hari ada kesibukan di sebuah restoran di Saratoga,New york. Waktu itu tahun 1853 dan restoran sedang penuh. Seorang pengunjung protes atas pesanan kentang gorengnya. Kurang garinglah, kurang tipislah, terlalu berminyaklah, dll. Berkali-kali pesanan diperbaiki dan pengunjung itu tetap protes.
Sang koki, George Crum jadi kesal. Huh! ia mengambil pisau dan memotong kentang tipis-tipis, kemudian kentang itu digoreng hingga garing dan kriuk-kriuk ketika dimakan. Ternyata pengunjung itu tidak protes lagi.
Yang mengejutkan, kentang goreng semacam itu ternyata digemari. Semakin lama semakin banyak yang pesan. Makanan itu pun tercantum dimenu sebagai "saratoga chips". Akhirnya, kentang goreng tipis itu terkenal diseluruh dunia sebagai potato chips.


Kehabisan piring kertas




Arnold Fornachau sedang berjualan es krim di World's Fair tahun 1904. Es krim itu disuguhkan diatas piring kertas. Saking banyaknya peminat, piring kertasnya habis. Waktu itu, Pak Fornachau melihat Pak Ernest Hamwi menjual zalabia, semacam wafel kering dan tipis. Zalabia itu diborongnya, dibentuk seperti cone dan dijadikan tempat es krim. Itulah pertama kalinya muncul ice crem cone. Bagaimana ide pak Fernachau? brilian bukan.
(sumber : majalah bobo)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar